Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PPDB Online SMKN Carut Marut


Puluhan Siswa Tunjukan Surat Peryataan

Magetan Pagi
Detik akhir pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sistem online di Kabupaten Magetan berjalan carut marut. Muncul berbagai permasalahan dialami calon peserta didik. Salah satunya terjadi di SMK Negeri 1 Magetan ( Kanesma).

Puluhan pelajar yang hendak mendaftar di SMK Negeri 1 Magetan ditolak oleh panitia PPDB karena nama mereka telah terdaftar di SMK Negeri 2 Magetan. Ironisnya, puluhan peserta PPDB  tersebut mengaku tidak pernah mendaftar di SMK Negeri 2 Magetan. " Saya kemarin cuma setor nomor ujian sama  foto copy Kartu Keluarga (KK) ke SMKN 2 Magetan, tidak mendaftar sebagai calon siswa SMKN 2 Magetan. Ketika mendaftar di SMK Negeri 1 Magetan kok ditolak katanya sudah terdaftar di SMK Negeri 2 Magetan, padahal tidak pernah mendaftar, " ungkap lulusan SMP Negeri 1 Bendo tersebut, Selasa (4/7).

Bahkan, puluhan pelajar tersebut membuat pernyataan tidak pernah mendaftar ke sekolah lain, atau memberikan mandat kepada orang lain atau lembaga untuk mendaftar SMK secara online.

Sejumlah orangtua wali murid yang mengantar anaknya mendaftar ke SMK N 1 Magetan juga mengaku kecewa yang terjadi dalam PPDB tersebut. Mereka bersikukuh ingin anaknya bersekolah di SMKN 1 Magetan." Anak saya maunya di SMKN 1, Tapi ketika mendaftar kok katanya sudah terdaftar di SMKN 2, padahal tidak pernah mendaftar, ketika lihat ke SMKN 2, hanya diminta nulis nama dan  nomor ujian, tidak ada maksud mendaftar," kata Warti, warga Sumber Dukun, Kecamatan Ngariboyo.

Sedangkan pihak Kanesma bersikukuh tidak dapat menerima puluhan siswa tersebut sebagai murid Kanesma dengan alasan telah  terdaftar di SMKN 2 Magetan." Adik- adik tersebut secara online sudah terdaftar di SMKN 2 Magetan, kami tidak bisa menerima. Mereka melapor ke operator jika namanya tercantum di SMKN 2, padahal ingin di SMKN 1 Magetan, katanya tidak pernah mendaftar di SMKN 2 Magetan, kami tidak bisa ambil keputusan, kita serahkan ke UPT Dinas Pendidikan Prov Jatim, bagaimana kebijaksanaanya, " kata Juri Wahono, Ketua panitia PPDB SMKN 1 Magetan.

Terpisah, pihak SMKN 2 Magetan membantah telah memasukan data peserta PPDB online tanpa sepengetahuan yang bersangkutan. " Kami memasukan data peserta PPDB Online dengan persetujuan dari siswa yang rumahnya jauh. Mereka bawa berkas terus kita masukan, "  ujar Sugeng, operator PPDB online SMKN 2 Magetan.

Posting Komentar untuk "PPDB Online SMKN Carut Marut"