Pelatihan 3 Hari Dihotel Habis Rp 40 Juta.

Kamari,Kepala BPBD Kabupaten Magetan
Magetan Pagi
Pemkab Magetan mulai  tahun 2015 menggelontorkan dana ratusan juta rupiah untuk penanggulangan resiko korban dampak bencana alam. Data  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magetan menyebutkan, mulai tahun 2015 Pemkab mengucurkan dana Rp 100 juta untuk program Desa Tangguh Bencana (Destana).

Kepala BPBD Kabupaten Magetan, Kamari, mengatakan, dana 100 juta yang bersumber dari APBD Magetan tersebut untuk pelatihan fasilitator PNS BPBD serta  koordinasi dengan desa - desa. " Anggaran Destana tahun 2015 Rp 100 juta, untuk pelatihan dan koordinasi dengan pemerintah desa terkait," kata Kepala BPBD Magetan, Jumat (11/8).

Diuraikan Much. Maksum Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Magetan, kegiatan pelatihan fasilitator BPBD dilaksanakan di salah satu hotel di kawasan wisata obyek Sarangan pada pertengahan tahun 2015. Untuk kegiatan selama tiga hari, anggaran yang tersedot sebesar Rp 40 juta." Untuk kegiatan pelatihan di hotel habis Rp 40 juta, sedangkan sisanya Rp 60 juta untuk kegiatan didesa -desa," ujarnya kepada wartawan, Jumat (11/8).

Sedangkan jumlah desa yang dilibatkan dalam proyek Destana BPBD Kabupaten Magetan tahun 2015 diantaranya, Desa Jajar dan Desa Ngelang Kecamatan Kartoharjo, Desa Kleco Kecamatan Bendo, Desa Kembangan Kecamatan Sukomoro, Desa Turi Kecamatan Panekan, Desa Ngaglik Kecamatan Parang, Kelurahan Sarangan, Desa  Ngancar , Desa Dadi dan Desa Puntokdoro Kecamatan Plaosan, Desa Getasanyar, Desa Sidomulyo dan Desa Sumber Sawit Kecamatan Sidorejo, Desa Plangkrongan, Desa Geni langit dan Desa Gonggang Kecamatan Poncol.

Tahun 2016 BPBD Kabupaten Magetan kembali mendapatkan kucuran dana Destana sebesar Rp 50 juta. Dana tersebut digunakan untuk pelatihan di Desa Gonggang, Kecamatan Poncol. " Tahun 2016 kita dapat Rp 50 juta untuk pelatihan di desa Gonggang, Kecamatan Poncol," ujar Maksum mendampingi Kamari Kepala BPBD Magetan.

Untuk tahun 2017, BPBD Kabupaten Magetan kembali mendapat kucuran dana Destana dari APBD Kabupaten Magetan untuk melaksanakan Destana di Kelurahan Sarangan senilai Rp 55 Juta. " Tahun 2017 kita akan adakan kegiatan Destana di Kelurahan Sarangan dengan anggaran Rp 55 juta," pungkas Kamari.

Sebagai informasi Program Destana mengacu pada Peraturan kepala BNPB Nomor 1 Tahun 2012 Tentang Pedoman Umum Desa/ Kelurahan Tangguh Bencana. Destana dibagi dalam tiga kriteria, Pratama, Madya dan Utama..
Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Belum Ada Komentar :
Tambahkan Komentar
Comment url
Post Terkait :
POLITIK DAN PEMERINTAHAN