Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komunitas Tikus Pithi Gagal Daftar Jalur Independent.

Foto Ilustrasi (Dok)
Magetan Pagi
Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Magetan tahun 2018 mendatang dipastikan tidak akan diikuti oleh calon dari jalur independent (perseorangan).

Hal itu dipastikan setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magetan menyatakan satu-satunya pasangan calon independent Sigit Prawoso dan Tri Handoyo gugur saat mendaftar pada Rabu (29/11) lalu.

Komunitas Tikus Pithi tersebut dinyatakan gugur setelah dilakukan penelitian administrasi jumlah syarat dukungan berupa salinan foto copy KTP oleh KPU Kabupaten Magetan menyatakan jumlah yang diserahkan kurang dari 41.544 dukungan, sesuai peraturan KPU.“Sedangkan jumlah syarat dukungan yang diserahkan hanya berjumlah 29.127, itupun yang tidak memenuhi syarat atau TMS sebanyak 7.307,”kata Hendrat Subyiakto mengatakan Ketua KPUD Magetan,Minggu (3/12).

Sementara itu, setelah persyaratanya dinyatakan gugur oleh KPUD Magetan, bakal calon Bupati Sigit Prawoso dan Tri handoyo mengaku legowo dengan keputusan KPUD. Menurutnya,kejadian itu adalah human error atau keteledoran tim dalam melakukan penghitungan.

”Ini mungkin keteledoran tim dalam melakukan penghitungan, dan akan kita jadikan pembelajaran untuk kedepanya,” terang Sigit

Karena dianggap tidak memenuhi syarat (TMS), selanjutnya KPUD Magetan mengembalikan berkas syarat dukungan ke tim pasangan calon independent Sigit Prawoso dan Tri handoyo.

Sebagai Informasi, untuk bisa mencalonkan diri dari jalur independent, sesuai dengan peraturan KPU, minimal harus didukung sekitar 7,5 persen dari jumlah DPT terakhir pemilu Magetan, yaitu 7,5 % x 553.912 = 41.544 dukungan, dengan persebaran di seluruh kecamatan di Magetan sekitar 50 %.

Posting Komentar untuk "Komunitas Tikus Pithi Gagal Daftar Jalur Independent."