Cara Menanggulangi Dampak Negatif Teknologi

Hasil gambar untuk teknologi


Pesatnya perkembangan teknologi, tidak hanya menimbulkan dampak positif terhadap kehidupan manusia, tetapi juga banyak menimbulkan berbagai dampak negatif. Seperti contoh, banyak terjadi kasus pencullikan yang terjadi akibat salah bergaul menggunakan media sosial berupa Facebook, Whatsapp, Instagram dan lain-lain.
Begitu juga orang yang sering menggunakan teknologi seperti handphone dan alat lainnya sering kali mengabaikan orang yang ada di sekitarnya seperti keluarga, saudara dan teman. Ketika berkumpul dengan keluarga maupun teman, orang yang telah kecanduan menggunakan teknologi akan terus menggunakannya tanpa adanya batasan. Hal ini dapat merusak mental maupun fisik si pengguna. Oleh karena itu perlu sekiranya adanya penanggulangan atas meretasnya dampak negatif tersebut.

1. Menggunakan teknologi sebaik mungkin dengan mengakses situs-situs yang bernilai positif dan mempunyai nilai pendidikannya.
2. Tetap menjaga diri agar tidak mudah terpengaruh oleh berbagai penawaran yang ditawarkan oleh situs tertentu tanpa mengetahui manfaatnya.
3. Mengatur waktu penggunaan teknologi agar tidak memunculkan rasa candu.
4. Tidak terlalu mengekspos berbagai kegiatan harian Anda karena akan memunculkan kesempatan bagi para orang jahat yang mengambil keuntungan dari hal tersebut.
5. Berinternetlah dengan sehat. Maksudanya berinternet sesuai dengan kebutuhan yang Anda butuhkan. Jangan berlebihan.
6. Dengan diberikan pemahaman kepada masyarakat tentang cara menggunakan teknologi yang baik dan tidak melanggar etika, sehingga teknologi dapat digunakan sebagai alat informasi yang dapat menopang keberlangsungan hidup manusia.
7. Memblokir situs-situs yang dapat mengantarkan pada hal negatif sebagai antisipasi untuk memfilter diri sendiri dan orang lain.
Demikian, supaya kita semua senantiasa bijak dan berhati-hati dalam menggunakan teknologi. Karena apapun yang ada tentu ada dampak positif dan negatif yang sudah semestinya bisa kita kelola.
Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Belum Ada Komentar :
Tambahkan Komentar
Comment url
Post Terkait :
artikel,perkembangan teknologi,teknologi